Merangsang Kehidupan Anda!

by Dina Ingber Stein

Diperlukan lebih dari tidur untuk mengusir kelesuan. Inlah lima cara untuk….

“Merasa kelelahan” mungkin merupakan keluhan nomor satu yang disampaikan orang kepada dokter. “Tetapi banyak orang mengatakan lelah padahal yang dimaksudkan adalah mengantuk,” kata Dr. Michael J. Thorpy, direktur Sleep/Wake Disorders Center di Pusat Kesehatan Montefiore di New York City.

Bagaimana Anda membedakan keduanya? “Kelelahan adalah rasa lesu yang mungkin tidak ada hubungannya dengan berapa lama Anda tidur,” kata Thorpy. “Jika seseorang yang sehat dan tidak jemu mengantuk di siang hari, mungkin dia tidak cukup tidur atau tidurnya tidak begitu nyenyak.”

Dengan perbedaan tersebut dalam pikiran, di bawah ini ada beberapa petunjuk yang akan membantu Anda mengatasi kelesuan:

1. Penuhilah kuota tidur Anda.

Kebanyakan orang dewasa memerlukan kira-kira enam sampai delapan jam tidur di waktu malam. Ironisnya, beberapa orang bemsaha mendapatkan tidur terlalu banyak, mengira bahwa lebih banyak lebih baik, dan akhirnya terbangun di tengah malam, gelisah dan tidak cukup tidur.

Untuk menetapkan kuota tidur Anda, demikian nasihat Dr. Thorpy, pergilah ke tempat tidur pada waktu yang biasa selama satu minggu. Pada minggu kedua, undurlah waktu tidur Anda sejam kemudian; pada minggu ketiga gantilah waktu tidur Anda satu jam sebelum waktu tidur yang biasa. Minggu yang memerlukan waktu lima sampai 30 menit untuk terlelap tidur dan Anda bisa ter bangun dengan rasa segar, dan akhirnya tanpa menggunakan alarm, itulah yang paling dekat dengan kuota tidur pribadi Anda.

Salah satu dari beratus-ratus irama tubuh yang mempengaruhi cara kita merasa adalah daur tidur/jaga. Yang lain berhubungan dengan pelepasan cortisol, yaitu hormon stres yang utama. Tingkat cortisol menurun Sebelum wak tu tidur dan mulai naik lagi tepat sebelum kita bangun. Kalau Anda mengubah kebiasaan tidur Anda, dengan bekerja dalam giliran malam, misalnya, atau melancong ke zona waktu yang berbeda, Anda terpaksa terjaga ketika cortisol dan daur tidur/jaga menyimpang dari fase biasanya. Sistem tubuh Anda mungkin memerlukan waktu ber hari-hari untuk menyesuaikan diri.

2 Makanlah secara bijaksana untuk melawan kelelahan.

“Makan siang dengan takaran besar bisa mendatangkan kelelahan,” kata Susan M. Cohen, direktur program diploma di Sekolah Perawat Universitas Pennsylvania. ‘Terlalu banyak makanan mengalihkan darah dan oksigen dari otak ke jaringan pencernaan makanan, sehingfea Anda merasa pusing kepala.”

Makanan berkadar lemak tinggi dan mengandung gula olahan merupakan pengacau utama. Lemak memeriukan waktu lebih lama daripada makanan lainnya untuk diubah menjadi energi, dan “karbohidrat kosong” dalam gula olahan mencetuskan memuncaknya tingkat insulin, disusul oleh merosot tajamnya kadar gula dalam darah. Daur naik dan turun yang selalu terjadi bisa mengakibatkan sakit kepala dan kelelahan. Jawaban untuk mengatasinya, gantikanlah dengan karbohidrat kompleks dan gula bukan olahan.

Sementara makan siang banyak-banyak mungkin menyebabkan Anda mengantuk, makan banyak makanan di larut malam mungkin menyebabkan kebalikannya. Hal itu menyebabkan sistem pencernaan makanan Anda bekerja lembur sehingga Anda mendapat kesulitan untuk terlelap tidur.

3. Makanlah cukup vitamin dan zat besi.

Walaupun dampaknya yang menyeluruh belum dipahami sepenuhnya, vitamin — atau kekurangan vitamin — menimbulkan kelelahan. “Vitamin C dan B-kompleks yang larut dalam air merupakan vitamin yang lebih dulu terbuang dari tubuh, jadi mungkin Anda perlu melengkapinya,” kata ahli gizi Kristiina Laakso, seorang dokter yang bekerja bersama American Health Foundation. Kaum wanita usia subur mungkin bisa mendapatkan manfaat dari zat besi.

Terlalu banyak vitamin bisa menjadi racun, seperti yang bisa ditimbulkan oleh vitamin A dan D, yang tidak bisa dibuang oleh tubuh. Maka Anda perlu menghubungi dokter.

4. Temukan penyebab kelelahan yang tersembunyi.

Kafein. Tubuh Anda bisa menjadi tergantung pada kafein, dan Anda bisa merasa kelelahan ketika Anda terlambat minum kopi.

Mengisap rokok. Karena merokok merusak penggunaan oksigen oleh tubuh dan menurunkan tingkat vitamin C, maka mengisap rokok bisa menurunkan tenaga Anda.

Penggunaan obat. Antihistamin dan obat yang mengontrol tekanan darah tinggi atau penyakit jantung bisa menimbulkan rasa mengantuk. Tanyakan kepada dokter Anda tentang efek sampingan obat yang Anda minum.

5. Berolahragalah untuk melatih energi.

Mengapa pada tengah hari kebanyakan orang merasa lesu? Salah satu alasannya adalah tingkat rendah dalam daur tidur/jaga terjadi pada tengah hari. Walaupun Anda pasti akan mengalami tingkat rendah tersebut biar bagaimanapun juga, akan bisa membantu kalau Anda keluar ke udara segar dan berjalan-jalan sedikit. Latihan olah-raga meningkatkan peredaran oksigen ke seluruh tubuh dan otak, dengan demikian meningkatkan peredarah darah — dan kewaspadaan.

Setelah dilakukan cukup lama, progratn latihan aerobik, katakanlah misalnya selama 20 sampai 40 menit dengan latihan tingkat intensitas rendah sampai sedang setiap hari akan membina daya tahan Anda. Dan hal itu juga akan membantu Anda mengatasi kelesuan di tengah hari.

Mayoritas orang yang mengeluh “selalu merasa lelah” biasanya sehat-sehat saja. Tetapi kelelahan yang kronis bisa merupakan tanda peringatan akan adanya penyakit

“Hal yang penting,” kata Dr. Raymond Mayewski, pembantu profesor di bidang ilmu kedokteran di Pusat Kesehatan Universitas Rochester, “adalah menaruh perhatian pada pola kelelahan Anda. Jangan panik dan menganggap itu sebagai petunjuk adanya sesuatu yang gawat. Tetapi carilah pertolongan kalau kelelahan Anda terus-menerus dan sangat mempengaruhi Anda.”

(dari majalah Sukses dan Prestasi, Mitra Utama).

Artikel terkait kesehatan dan kebugaran jiwa klik di sini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s